Manfaat-Minyak-Kelapa-Untuk-KesehatanMinyak kelapa sejak dahulu telah diketahui memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan, kecantikan maupun bila digunakan dalam makanan. Perlu diketahui penyebab mengapa minyak kelapa ini memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kita. Hal ini tidak terlepas dari kandungan senyawa yang terdapat didalam minyak kelapa. Sebanyak 92 persen kandungan senyawa dalam minyak kelapa terdiri dari berbagai asam lemak rantai sedang, seperti asam laurat, asam miristat dan asam linoleat.

Zat-zat asam ini mudah diserap oleh tubuh secara cepat karena dalam proses pencernaan tidak memalui proses hidrolisa dan enzimatik. Asal tahu saja, minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang yang ternyata memiliki fungsi sebagai zat untuk regenerasi sel dan antimiroba Oleh karena itu, minyak kelapa memiliki manfaat yang sangat besar untuk membantu proses penyembuhan suatu penyakit.

manfaat minyak kelapaAsam laurat sebagai asam laurat terbesar kandungannya dalam minyak kelapa. Hampir separuh dari komposisi asam laurat dalam minyak kelapa terdiri dari asam laurat. Asam laurat inilah yang memiliki efek baik bagi tubuh. Asam laurat ini bersifat anti mirkoba, sehingga sangat efektif untuk digunakan sebagai pendamping obat dalam penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Kemudian, asam laurat ini juga memiliki sifat sebagai kolesterol baik, sehingga dapat mengurangi kandungan kolesterol jahat didalam tubuh. Fungsi kolesterol baik ini biasanya berhubungan dengan saluran peredaran darah dan kerja jantung, karena biasanya endapan kandungan kolesterol jahat ini akan menyebabkan penyumbatan dalam saluran darah yang memacu penyakit jantung koroner.

minyak kelapa murniManfaat minyak kelapa lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lagi-lagi ini berhubungan dengan keberadaan asam laurat dalam minyak kelapa. Fungsi system kekebalan tubuh ini serupa dengan fungsi Air Susu Ibu yang ternyata banyak mengandung asam laurat.

Berdasarkan studi ilmiah yang telah dilakukan terhadap manfaat minyak kelapa dan virgin coconut oil menunjukkan bahwa minyak kelapa berkhasiat untuk membantu proses penyembuhan berbagai penyakit berikut ini : jantung coroner, diabetes mellitus, osteoporis, liver dan kanker. Minyak kelapa juga diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit tubuh, sehingga banyak digunakan pula untuk menjaga kecantikan tubuh.