Inilah Fakta Tentang Beras Hitam, Rahasia Khasiat Minuman Para Raja!.

beras-hitam-obat-insomniaSalam tani !!! Negara kita negara Indonesia memang sangat kaya akan keragaman hayati. Berbagai macam jenis tanaman bisa tumbuh di tanah yang sangat subur ini (menurut Kus Plus “tongkat kayu aja bisa tumbuh subur jadi tanaman”). Oleh karena itu kita wajib bersyukur karena kita dihidupkan di negara yang gemah ripah loh jinawi ini.

Menurut informasi yang maspary baca secara umum terdapat tiga macam beras, yakni beras putih (Oryza sativa), beras merah (Oryza glaberrima) dan beras hitam (Oryza sativa L. indica). Dari ketiga jenis itu, beras putih paling banyak dikonsumsi disusul dengan beras merah dan terakhir beras hitam.Sejak ribuan tahun, tidak sembarang orang bisa merasakan manfaat kesehatan beras hitam. Ternyata khasiatnya begitu spesial.

Beras hitam mungkin saja kalah tenar dibandingkan beras merah dan beras cokelat dalam dunia makanan sehat. Bukan ketan hitam yang biasa dibuat bubur menjadi teman kacang hijau, tapi varietas beras hitam yang warnanya hitam keunguan. Tambahan lagi, beras varietas ini memang tidak dipasarkan di agen-agen beras biasa, tapi melalui agen khusus dengan harga mencapai Rp40 ribu/kg.

Forbidden Rice

forbidden riceCukup wajar kalau beras hitam tidak dikenal secara luas. Di era kerajaan-kerajaan masih menguasai nusantara, beras hitam hanya boleh dikonsumsi oleh raja dan anggota keluaga kerajaan, bangsawan, serta tetua adat sebagai menu dalam ritual-ritual adat. Budaya ini diperkenalkan oleh kekaisaran China.

“Di China, sejak zaman kekaisaran beras hitam sudah dijadikan upeti dan digunakan tabib dalam mengobati para raja,” tutur Hendra Andiarto, pengusaha pemasar beras hitam saat ditemui AGRINA di Bekasi, Jabar. Hubungan dagang antara Indonesia dengan China yang terjalin sejak lama membuat tradisi itu menular ke kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Cara Mudah Membedakan Beras Hitam Dan Ketan Hitam

Beras Hitam Vs Ketan HitamDi Indonesia, masyarakat lebih mengenal ketan hitam dibanding beras hitam. Meskipun warnanya sama-sama hitam, beras hitam berbeda dari ketan hitam. Begitu pula dengan kandungan nutrisinya. Sifat dan teksturnya mirip dengan beras biasa dibanding ketan.

Beras ketan hitam jika dipotong melintang akan terlihat warnanya putih susu pada potongan beras tersebut, dan jika di masak akan lengket seperti beras ketan. Sedangkan beras hitam jika dipotong melintang terlihat berasnya berwarna jernih (bening) dan jika dimasak akan sedikit pera jika dibanding beras biasa.

Beras hitam memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dalam sejarahnya, beras ini dianggap sebagai makanan para raja. Di Cina, beras hitam pernah disebut sebagai beras terlarang (forbiden rice). Karena pada masa itu yang boleh mengkonsumsi beras hitam hanya keluarga kerajaan.

Dari segi rasa, beras hitam sedikit pera tidak begitu “pulen” seperti beras putih. Untuk memasaknya, dibutuhkan lebih banyak air dan waktu lebih lama. Setelah matang, beras ini memiliki aroma kuat yang menguggah selera makan.

Beberapa fakta tentang beras hitam :

aneka macam beras

  1. Beras hitam adalah beras pusaka yang dibudidayakan di Asia, yang pernah tumbuh sebagai makanan wajib untuk kaisar. Sesuai dengan namanya, beras hitam tampak hitam ketika mentah, tetapi ketika dimasak ternyata berwarna ungu tua. Warnanya saja sudah mengundang rasa penasaran untuk disantap. Tetapi bahkan jika ungu bukan warna favorit Anda, nasi ini terap menarik untuk disantap karena mengandung manfaat bagi kesehatan.
  2. Beras hitam mendapatkan warna gelap karena adanya pigmen flavonoid yang dikenal sebagai antosianin, pigmen tanaman dengan sifat antioksidan yang kuat. Antosianin adalah pigmen yang sama yang memberikan banyak merah gelap dan ungu buah seperti blackberry, ceri tua, dan raspberry yang kaya warna dan manfaat kesehatan. Antosianin sedang diteliti untuk peran mereka dalam mencegah berbagai penyakit kronis termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer. Sebagian besar manfaatnya didapat karena senyawa antioksidan dan antiinflamasi.
  3. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada tahun 2008 menunjukkan bahwa ekstrak dari beras hitam saat diujicoba pada tikus membantu mencegah perkembangan plak aterosklerosis pada arteri utama dari jantung, jenis yang akhirnya akan menyebabkan serangan jantung. Ini juga menurunkan komponen lipid termasuk trigliserida. Bahkan, ekstrak beras hitam ditemukan sekuat resep obat simvastatin, obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Efek ini timbul dari antosianin yang begitu melimpah di beras hitam. Karena sifat anti-inflamasi dan menurunkan kolesterol dari antosianin yang ditemukan pada beras hitam, padi-padian ini dapat membantu untuk menangkis serangan jantung.
  4. Beras hitam adalah sumber mineral yang baik, termasuk besi, serta serat dan memiliki profil nutrisi agak mirip dengan beras merah. Kehadiran antosianin memberikannya keunggulan gizi dibandingkan beras merah.
  5. Pada intinya,  beras hitam, dengan rasanya yang lezat, menjadi alternatif selain beras putih yang kurang bergizi dan memberikan alternatif lain yang sehat untuk beras merah.  Harga beras hitam mungkin sedikit lebih mahal dari beras merah, namun harga yang Anda bayarkan pastinya tidak sia-sia.

Inilah 5 Manfaat utama beras hitam

control diabetes for your liveBanyak sekali di iklankan di media cetak maupun media online tentang manfaat dari beras hitam. Dikatakan beras hitam merupakan obat untuk segala macam penyakit. Informasi ini menurut maspary merupakan penyesatan informasi.

Beras hitam adalah bahan pangan, bukan obat. Walaupun bisa saja berfungsi obat pada keadaan tertentu. Seperti pangan pada umumnya, manfaat atau khasiat yang ada pada beras hitam lebih kepada pencegahan penyakit dari pada mengobati. Ada pun manfaat utama beras hitam adalah sebagai berikut:

  • Mencegah kanker. Beras hitam dikatakan bermanfaat mencegah karena dalam beras hitam memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Berdasarkan banyak riset, antosianin ini merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Sebagaimana diketahui secara luas, zat antioksidan berperan aktif untuk mencegah penyakit kanker.
  • Mencegah diabetes. Nilai kalori beras hitam terendah dibanding dengan jenis beras lainnya, yaitu sekitar 362 kcal per 100 gram. Kandungan kalori ini berkaitan erat dengan indeks glikemik. Indeks glikemik merupakan angka yang menujukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemik, maka makanan tersebut akan memicu kenaikan gula darah semakin tinggi pula. Sehingga beras hitam digolongkan sebagai pangan sehat dan dianjurkan bagi penderita diabetes.
  • Mencegah penyakit jantung.  Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini terasa dari rasanya yang sedikit pera, tidak sepulen beras putih. Setiap makanan yang memiliki kada serat tinggi tentu akan berperan aktif memelihara kesehatan jantung Anda.
  • Obat anemia. Kandungan zat besi beras hitam tinggi mencapai 15,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Karena itu makanan yang akaya akan zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.
  • Anti aging (anti penuaan). Hal ini masih terkait dengan antioksidan dalam beras hitam. Antioksidan diketahui juga berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

Cara Mengkonsumsi Beras Hitam :

sereal padi hitam· Beras hitam bisa dimasak seperti beras biasa, ada juga yang dicampurkan dengan beras putih biasa dengan perbandingan 1 : 4 (1 beras hitam 4 beras putih) atau dengan perbandingan sesuai selera.

· Ada juga yang dicampur dengan beras merah dan beras putih untuk menyempurkan khasiat beras hitam tersebut. Menurut informasi kombinasi dari ketiga beras tersebut bisa memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh kita.

· Selain dimasak seperti biasa beras hitam juga bisa dibuat minuman kesehatan dengan cara sangat sederhana yaitu dengan menyeduh 1 sendok beras hitam dengan air mendidih sebanyak 1 gelas belimbing (250 ml).

· Jika yang memiliki dana lebih anda juga bisa membeli wedang beras hitam instan yang sudah praktis tinggal di seduh aja dengan air panas dan diminum saat sore atau pagi hari.

Informasi dan Pemesanan Wedang Beras Hitam
Hendra JL. Parpostel Gg. H.Abih N0 131 RT 03/07, Jati Asih, Bekasi.
Telp: sms/wa ke 082310289784, PINBB : 59AB6C27