Kolang-kalingSiapa yang tidak kenal dengan buah kolang kaling, buah yang akrab dalam hidangan menu es berbuka puasa di bulan Ramadhan ini rupanya memiliki jumlah kalsium yang tinggi, tak jauh berbeda dengan kandungan kalsium pada susu. Jika susu memiliki 125 miligram/100 gram. Itu berarti, selisih kandungan kalsium pada kolang-kaling dengan susu hanyalah 34 miligram/100 gram.

buah kolang-kalingDalam sebuah riset memperlihatkan bahwa selain memiliki kandungan kalsium yang tinggi, kolang kaling juga kaya akan serat dan mineral. Setiap 100 gram kolang kaling mengandung energi 27 kkal, protein 0,4 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 6 gram, serat 1,6 gram, kalsium 91 miligram, fosfor 243 miligram dan zat besi 0,5 miligram. Dengan tingginya kandungan mineral seperti kalsium, zat besi dan fosfor maka kolang-kolang rupanya memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh.

kolang_kaling_Pedagang_Kolang_KalingKandungan kalsium pada kolang kaling sangat bagus bagi pertumbuhan gigi anak dan juga untuk mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Kandungan karbohidratnya dapat memberikan rasa kenyang bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Sementara serat yang terdapat dalam kolang kaling dan juga serat yang berasal dari makanan lain yang masuk kedalam tubuh mengakibatkan proses pembuangan air besar menjadi teratur.

Palm Sugar - Mangkuk 3Jadi kolang kaling ini ternyata tidak hanya enak untuk dinikmati sebagai sajian es atau kolak saja, akan tetapi memiliki banyak khasiat yang berlimpah, jadi jangan ragu untuk selalu mengkonsumsinya ya. Gula Aren juga baik untuk kesehatan loh.