Sugar pouring from a spoon to a pileKebutuhan gula konsumsi nasional kita adalah gula putih atau gula kristal yang terbuat dari tebu.  Masyarakat Indonesia sudah sangat biasa mengkonsumsi Gula putih sebagai kebutuhan makanan dan minuman sehari-hari.   Bahkan di restauran, warung dan cafe-cafe selalu menggunakan Gula pasir untuk bahan pemanis dari minuman dan juga makanan.

tebuDominansi tebu sebagai bahan baku gula sedemikian akut, masif  dan terstruktur, sehingga sudah menjadi budaya dan hampir menjadi ‘idiologi’ dalam menu minuman dan makanan Indonesia.   Gula-gula lain yang sebelumnya ada menjadi dilupakan dan ditinggalkan bahkan diremehkan.  Sebelum jaman kolonialisme Belanda, tepatnya masa-masa kerajaan dulu, gula yang dikenal adalah gula merah, gula kelapa atau gula Aren.

Selama ini gula palma hanya dikenal sebagai Gula yang berwarna merah atau cokelat.  Dan bahkan akhirnya muncul anggapan bahwa hanya tebu lah yang bisa diolah menjadi gula putih,  sedangkan Nira dari Palma seperti kelapa, Aren dan Nipah tidak bisa menjadi Gula Pasir atau Gula Putih.  Anggapan ini akhirnya seolah menjauhkan tanaman Palma mendampingi Tebu dalam menyumbang bahan baku Industri Gula Pasir dan Gula Putih.  Jadi sampai sekarangpun belum diperhitungkan bisa menggantikan fungsi Tebu sebagai bahan baku utama Gula Pasir.

Palm Sugar - Mangkuk 3Gula Aren bisa dibentuk menjadi Gula Kristal, Gula Pasir maupun Gula Putih seperti Gula yang ada di pasaran.   Kenyataan ini membuat keyakinan Penulis semakin besar bahwa tanaman Aren nanti bisa diandalkan sebagai bahan baku utama Gula Nasional kita menggantikan tanaman Tebu selama ini.

gula pasir.Dari Areal Tebu yang hampir mencapai 400 ribu hektar di seluruh Indonesia dengan produktifitas sekitar 6 ton Gula Pasir per hektar lahan maka sebenarnya produksi nasional kita hanya sekitar 2,4 juta ton.  Maka bisa dimengerti kalau saja Indonesia masih terus mengimpor Gula.   Dalam hal industri Gula dengan bahan baku tebu, sesungguhnya Indonesia sudah mengalami masa-masa jenuh yang amat sangat :

gula import
gula import

1.  Sudah sangat sulit untuk bisa menambah areal tanam Tebu.  Karena selama ini areal tebu selalu mengeser areal lahan tanaman pangan, sawah dan lahan-lahan palawija dan tanaman semusim lainnya.

2.  Mengatasi industri yang umur mesinnya sudah sangat lama agar bisa lebih efisien dan tidak banyak mengalami kehilangan produksi.

3.  Sistem manajemen industri dari hulu dan hilir sudah menjadi kebiasaan dan budaya yang mendarah daging.

4.  Sistem tata niaga dan perdagangan gula serta adanya kepentingan terhadap langgengnya usaha importasi yang selama ini berjalan secara mapan, tentu akan sulit untuk merubah diri ke luar keadaan yang sudah nyaman.

5.  Budaya dan pola makan serta pola konsumsi yang terjadi akan memerlukan waktu dan energi yang panjang dalam merubah kebiasaan masyarakat.

gula-aren-organikPernahkah terbesit di pikiran anda bahwa gula aren yang selama ini dianggap biasa-biasa saja ternyata memiliki banyak khasiat? Sayapun juga sama seperti anda, tidak pernah mengira sebelumnya. Jika sebelumnya gula aren hanya dijadikan bahan pelengkap masakan atau bahan untuk membuat kue, kini gula aren banyak diburu untuk kebutuhan pengobatan karena banyaknya khasiat yang terkandung didalam gula aren tersebut.

Gula aren juga banyak dikonsumsi sebagai salah satu bahan pemanis alami yang sangat aman bagi tubuh. Selain itu kandungan didalam gula aren ini cukup penting peranannya untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi tertentu. Sejuta manfaat gula aren yang banyak dibicarakan, mengundang rasa penasaran di benak banyak orang.

Baiklah, untuk menjawab penasaran ini saya akan menyuguhkan beberapa khasiat gula aren yang saya rangkum dibawah ini :

Produk Organik
Produk Organik

1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah antibodi didalam tubuh yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Nah, dengan mengkonsumsi gula aren secara cukup, dapat meningkatkan anti oksidan didalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

2. Dapat Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada gula aren membuat siapa yang mengkonsumsinya akan terhindar dari anemia atau kurang darah.

3. Dijadikan Campuran Kuliner

Gula aren yang memiliki rasa manis dan enak, tentu menjadi bahan yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja dari daftar bahan pelengkap masakan kuliner. Diantara kegunaannya adalah untuk pemanis puding, kolak, kue-kue basah campuran minuman tradisional dan masih banyak lagi.

4. Dapat Meningkatkan daya Tahan Tubuh

Gula yang rasanya manis ini dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, beberapa unsur kimia yang terkandung didalamnya sangat penting untuk membantu memperlancar peredaran darah, menguatkan l impa, dan mengurangi rasa nyeri pada lambung. Untuk itu, konsumsi gula aren secara teratur dengan porsi yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Dapat Menormalkan Kolestrol

Gula aren ini mengandung Niacin yang berguna untuk menormalkan kolestrol didalam tubuh. Selain itu, Niacin juga berguna untuk menghaluskan kulit, membantu sistem syaraf dan sistem pencernaan, serta menjaga bibir yang pecah-pecah dan sariawan

Demikian beberapa khasiat dan manfaat gula aren bagi tubuh, semoga bermanfaat

Referensi :

http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/2013/07/kandungan-dan-manfaat-gula-aren.html