Beras Hitam

Menurut legenda Cina, beras hitammerupakan makanan yang langka, sangat lezat dan bernutrisi dimana hanya kalangan penguasa yang diperbolehkan untuk menikmatinya. Ya, zaman sudah berubah. Namun, sayangnya beras hitam masih merupakan makanan yang langka. Peneliti berharap dengan mengenalkan manfaat kesehatan dari beras hitam, petani dapat mulai mengembangkan produksi bahan pangan ini.

Organik IndonesiaBeras hitam memiliki antioksidan yang cukup tinggi pada bagian kulit arinya. Namun, jika dibandingkan dengan beras cokelat yang juga memiliki antioksidan tinggi, beras hitam yang memiliki antioksidan yang lebih tinggi disebut anthocyanins. Anthocyanins yang merupakan pigmen pemberi warna ungu kemerahan ini sebenarnya juga dapat ditemukan di dalam blueberry dan anggur. Hanya saja mungkin kelebihan beras hitam dibandingkan dengan blueberry adalah beras hitam memiliki kadar gula yang lebih sedikit. 

gabah beras hitam
gabah beras hitam

Anthocyanins dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, meningkatkan daya ingat, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Antioksidan ini merupakan antioksidan yang bersifat larut dalam air. Sehingga, dia dapat mencapai bagian-bagian tubuh yang tidak dapat dijangkau oleh antioksidan yang bersifat larut lemak.

beras hitam black rice

Seperti apa rasanya? Ada yang mengatakan beras hitam awalnya memberikan rasa seperti kacang, lalu ada sedikit sentuhan rasa buah pada akhirnya. Namun, karena proses pengolahannya yang lebih singkat, beras ini terasa lebih kasar dan sulit dikunyah bahkan jika dibandingkan dengan beras cokelat. Namun, saat ini peneliti sudah mulai mengembangkan suatu proses untuk membuat agar beras ini terasa lebih lembut dan tidak terlalu kasar.

Beberapa fakta tentang beras hitam :

  1. Beras hitam adalah beras pusaka yang dibudidayakan di Asia, yang pernah tumbuh sebagai makanan wajib untuk kaisar. Sesuai dengan namanya, beras hitam tampak hitam ketika mentah, tetapi ketika dimasak ternyata berwarna ungu tua. Warnanya saja sudah mengundang rasa penasaran untuk disantap. Tetapi bahkan jika ungu bukan warna favorit Anda, nasi ini terap menarik untuk disantap karena mengandung manfaat bagi kesehatan.
  2. Beras hitam mendapatkan warna gelap karena adanya pigmen flavonoid yang dikenal sebagai antosianin, pigmen tanaman dengan sifat antioksidan yang kuat. Antosianin adalah pigmen yang sama yang memberikan banyak merah gelap dan ungu buah seperti blackberry, ceri tua, dan raspberry yang kaya warna dan manfaat kesehatan. Antosianin sedang diteliti untuk peran mereka dalam mencegah berbagai penyakit kronis termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer. Sebagian besar manfaatnya didapat karena senyawa antioksidan dan antiinflamasi.
  3. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada tahun 2008 menunjukkan bahwa ekstrak dari beras hitam saat diujicoba pada tikus membantu mencegah perkembangan plak aterosklerosis pada arteri utama dari jantung, jenis yang akhirnya akan menyebabkan serangan jantung. Ini juga menurunkan komponen lipid termasuk trigliserida. Bahkan, ekstrak beras hitam ditemukan sekuat resep obat simvastatin, obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Efek ini timbul dari antosianin yang begitu melimpah di beras hitam. Karena sifat anti-inflamasi dan menurunkan kolesterol dari antosianin yang ditemukan pada beras hitam, padi-padian ini dapat membantu untuk menangkis serangan jantung.
  4. Beras hitam adalah sumber mineral yang baik, termasuk besi, serta serat dan memiliki profil nutrisi agak mirip dengan beras merah. Kehadiran antosianin memberikannya keunggulan gizi dibandingkan beras merah.
  5. Pada intinya,  beras hitam, dengan rasanya yang lezat, menjadi alternatif selain beras putih yang kurang bergizi dan memberikan alternatif lain yang sehat untuk beras merah.  Harga beras hitam mungkin sedikit lebih mahal dari beras merah, namun harga yang Anda bayarkan pastinya tidak sia-sia.

Inilah 5 Manfaat utama beras hitam

Banyak sekali di iklankan di media cetak maupun media online tentang manfaat dari beras hitam. Dikatakan beras hitam merupakan obat untuk segala macam penyakit. Informasi ini menurut maspary merupakan penyesatan informasi.

Beras hitam adalah bahan pangan, bukan obat. Walaupun bisa saja berfungsi obat pada keadaan tertentu. Seperti pangan pada umumnya, manfaat atau khasiat yang ada pada beras hitam lebih kepada pencegahan penyakit dari pada mengobati. Ada pun manfaat utama beras hitam adalah sebagai berikut:

  • Mencegah kanker. Beras hitam dikatakan bermanfaat mencegah karena dalam beras hitam memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Berdasarkan banyak riset, antosianin ini merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Sebagaimana diketahui secara luas, zat antioksidan berperan aktif untuk mencegah penyakit kanker.
  • Mencegah diabetes. Nilai kalori beras hitam terendah dibanding dengan jenis beras lainnya, yaitu sekitar 362 kcal per 100 gram. Kandungan kalori ini berkaitan erat dengan indeks glikemik. Indeks glikemik merupakan angka yang menujukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemik, maka makanan tersebut akan memicu kenaikan gula darah semakin tinggi pula. Sehingga beras hitam digolongkan sebagai pangan sehat dan dianjurkan bagi penderita diabetes.
  • Mencegah penyakit jantung.  Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini terasa dari rasanya yang sedikit pera, tidak sepulen beras putih. Setiap makanan yang memiliki kada serat tinggi tentu akan berperan aktif memelihara kesehatan jantung Anda.
  • Obat anemia. Kandungan zat besi beras hitam tinggi mencapai 15,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Karena itu makanan yang akaya akan zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.
  • Anti aging (anti penuaan). Hal ini masih terkait dengan antioksidan dalam beras hitam. Antioksidan diketahui juga berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

Cara Mengkonsumsi Beras Hitam :

sereal padi hitam

· Beras hitam bisa dimasak seperti beras biasa, ada juga yang dicampurkan dengan beras putih biasa dengan perbandingan 1 : 4 (1 beras hitam 4 beras putih) atau dengan perbandingan sesuai selera.

· Ada juga yang dicampur dengan beras merah dan beras putih untuk menyempurkan khasiat beras hitam tersebut. Menurut informasi kombinasi dari ketiga beras tersebut bisa memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh kita.

· Selain dimasak seperti biasa beras hitam juga bisa dibuat minuman kesehatan dengan cara sangat sederhana yaitu dengan menyeduh 1 sachet wedang beras hitam dengan air mendidih sebanyak 1 gelas belimbing (250 ml).

Advertisements