Para Mentri Minum Jamu
Para Mentri Minum Jamu

Detik Jakarta -Pagi ini, sejumlah menteri berkumpul di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Agenda para menteri kali ini cukup unik, yaitu minum jamu.

Di Ruang Garuda kantor Kementerian Perindustrian tengah digelar acara bertema ‘Mencintai Industri Jamu Nasional’. Sekitar 200 orang sudah berkumpul di ruangan tersebut, menikmati berbagai jenis jamu yang disediakan.

sereal padi hitam
Wedang Beras Hitam

Berdasarkan pantauan detikFinance, jamu-jamu yang dihidangkan berasal dari banyak daerah. Tidak hanya Jawa, tapi juga Sumatera hingga Papua. Kemasannya pun bervariasi, mulai dari yang masih tradisional sampai yang modern dalam kemasan kotak karton.

Teh Ciplukan
Teh Ciplukan

“Ini merupakan kampanye untuk memperkenalkan jamu, dan minuman herbal indonesia baik ke masyarakat dan dunia. Jangan sampai jamu diklaim negara lain,” kata sang tuan rumah Menteri Perindustrian Saleh Husin, Jumat (16/1/2015).

Dalam acara tersebut, hadir Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Koperasi dan UMKM AAGN Puspayoga, serta Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Saleh menambahkan, pemerintah akan menerapkan aturan baru untuk memasyarakatkan jamu. Nantinya, tamu-tamu menteri tidak lagi disuguhi teh tetapi jamu.

“Nanti akan aturan seperti itu. Setiap tamu menteri akan dihidangkan minuman jamu,” kata Saleh.