manfaat beras hitam untuk kecantikanBeras hitam adalah salah satu jenis makanan tradisional yang jarang kita temui. Panganan nikmat ini bisa dijadikan aneka makanan nikmat seperti tape beras hitam hingga bubur yang bisa dinikmati dingin maupun hangat.

Ternyata selain menjadi makanan yang biasanya kita konsumsi, ada banyak juga manfaat yang masuk ke tubuh kita. Beras  hitam memiliki warna hitam keunguan dan memiliki kandungan antioksidan yang bernama antosianin. Bila Anda mengonsumsi sari beras hitam dan beras hitam itu sendiri, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

ketan hitam lengket

Menambah Sel Darah Merah

Beras hitam memiliki khasiat yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Di dalam butiran beras hitam, terdapat zat besi yang tinggi hingga 15,52 ppm. Bila Anda mudah lesu, sering anemia dan menjelang masa menstruasi, ada baiknya mengonsumsi ketan hitam ini agar tetap bugar.

Khasiat Pengobatan

Beras hitam juga menjadi salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional di China. Beras hitam ini merupakan jenis yang paling rendah kadar karbohidratnya, kaya serat dan asam amino serta berbagai zat penting yang diperlukan tubuh.

Salah satu manfaat pengobatan beras hitam adalah membantu pengobatan dan menyehatkan fungsi ginjal. Ada juga yang menggunakan beras hitam sebagai bahan untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Selain itu ada pula yang mengatakan konsumsi beras hitam bisa mencegah terjadinya kanker.

Membuat Awet Muda

Manfaat lainnya dari beras hitam adalah menjaga agar kulit Anda tetap sehat dan awet muda. Seperti yang sudah disebutkan bahwa beras yang satu ini memiliki kandungan anti oksidan sehingga baik bagi Anda yang ingin tampil awet muda. Sisa cucian air beras hitam bisa anda gunakan untuk scrubb wajah dan kulit, lakukan berulang-ulang dan rasakan perubahanya.

Kecantikan Wajah dan Kulit

cream beras hitamDi negeri cina beras hitam digunakan sebagai bahan dasar untuk Kecantikan. Karena beras hitam memiliki kandungan yang kaya akan Serat, Asam amino, Mineral, dan Anti oksidan. beras hitam berguna untuk semua jenis kulit, baik itu berminyak, normal, atau kering. Kulit berjerawat juga baik memakai masker beras hitam. Kandungan protein peptida berfungsi sebagai antioksidan sehingga membuat kulit tampil lebih cerah dan mengurangi garis halus wajah.

Cara pemakain ekstrak beras hitam (cream beras hitam) pada wajah yang berjerawat adalah sebagai berikut :
1. Bersihkan seluruh bagian muka menggunakan  Air dan Pembersih wajah.
2. Keringkan bagian muka dengan Tisu atau Handuk.
3. Oleskan ekstrak beras hitam (cream beras hitam) dengan rata keseluruh wajah.
4. Diamkan dan tunggu selama 5 (lima) menit, supaya pori pori kulit wajah  menyerap kandungan cream beras hitam.
5. Setelah 5 (lima) menit bersihkan kembali cream beras hitam dari wajah anda menggunakan air.
6. Keringkan kembali muka anda.
Sebaiknya terapi ini dilakukan setiap hari, Pada saat menjelang istirahat atau selesai kita melakukan segala aktifitas sehari hari, supaya hasilnya lebih maksimal.

Membersihkan Kolesterol Dalam Darah

Manfaat baik dari beras hitam adalah membersihkan kolesterol dalam darah. Bila Anda ingin mendapatkan manfaat yang satu ini, sebaiknya tidak mengonsumsi beras hitam dengan santan. Anda masih bisa menjadikannya bubur ketan hitam tanpa santan yang lebih rendah gula dan garam.

Menunjang Fungsi Hati

Dalam kandungan beras hitam, terdapat manfaat yang baik untuk menjaga hati dari kerusakan. Seringkali hati kita bekerja keras mencerna makanan yang kita konsumsi, oleh karena itu, organ hati juga perlu dirawat dengan mengonsumsi ketan hitam dan melakukan detoksifikasi tubuh.

Selain nikmat dimakan, beras hitam juga bisa dimanfaatkan sebagai toner, yaitu dengan mencuci segenggam beras hitam dengan air 300 ml dan gunakan airnya sebagai toner alami. Dengan demikian, kulit jadi lebih segar dan bebas minyak.

Mau mendapatkan manfaat baik dari ketan hitam? Tak ada salahnya mulai memasukkannya ke dalam wishlist menu makanan minggu ini. Nikmati kelezatan dan manfaat sehatnya bersama keluarga Anda.