Buah ciplukan
Buah ciplukan

Nama ciplukan mungkin tidak dikenal umum karena tidak terlalu mudah ditemukan. Tanaman liar ini biasanya tumbuh bersama tanaman palawija seperti jagung dan tanaman lainya. Tanaman ini juga jarang dimanfaatkan oleh petani, biasanya tanaman ini berbuah dengan sebutan ciplukan dan digemari anak-anak karena rasanya yang manis nama lainnya adalah Bladder Cherry ada juga yang bilang Gooseberry, di luar negeri buah ini banyak digunakan sebagai hiasan cake karena warna buahnya yang cantik dan juga menyehatkan. Empat mahasiswa Teknik Pertanian UGM memanfaatkannya untuk sari teh yang baik bagi pemilik riwayat diabetes.

diabtes-controlTim pencetus teh ciplukan sebelumnya telah mengetahui beberapa manfaat dari tanaman buah itu. Keempat anggota tim yakni Denok Kumalasari, Rahmi Wijayanti, Intin Nurwati, dan Ridho Andika Putra kemudian sepakat menjadikan ciplukan sebagai teh sehat untuk penderita diabetes.

“Sebelumnya ciplukan kan dipakai sebagai herbal untuk penyakit diabetes, karena itu kami terdorong mengolah ciplukan menjadi sebuah produk minuman yang ditujukan bagi penderita diabetes,” terangnya Denok mewakili tim disela kegiatan di kampus UGM, Sabtu (21/7).

Setelah melakukan serangkaian percobaan dibawah bimbingan dosen, keempatnya berhasil membuat produk teh celup ciplukan yang diberi merek Cipcup Tea. Dikatakan Denok, pengolahan ciplukan untuk herbal banyak dilakukan dengan merebus dan mengambil air sari rebusannya. Karena melihat pemanfaatan yang kurang praktis dan membutuhkan waktu lebih lama dengan merebus, tim Cipcup Tea berpikir menjadikannya produk yang siap seduh.

pengemasan teh ciplukan secara higienis
pengemasan teh ciplukan secara higienis

Menurut Denok, ide teh celup sangat sederhana dan sudah memasyarakat. Karena itu, produk kemasan celup dipilih agar pemanfaatan ciplukan lebih praktis dan lebih tahan lama. “Kadaluwarsa hampir sama dengan teh pada umumnya, karena sudah diproses makanya bisa tahan dua tahunan,” ujarnya.

Ditambahkan dia, ciplukan termasuk tanaman musiman yang mengandung senyawa flavonoid empat persen. Kandungan itu berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita. diabetes. Pasalnya, pada penderita diabet insulin dalam tubuh tidak berfungsi. “Jadi tidak mampu lagi mengubah gula dalam tubuh menjadi energi. Sementara, flavonoid berfungsi memperbaiki dan mengembalikan fungsi insulin dalam tubuh,” terang Denok.

Anggota tim, Rahmi menambahkan ciplukan juga mengandung senyawa antioksidan. Senyawa itu memiliki khasiat menangkal radikal bebas. Sementara untuk menambah khasiat dalam produk teh memanfaatkan batang dan daun ciplukan. “Bagian-bagian tanaman tersebut dikeringkan terlebih dulu dengan menggunakan oven bersuhu 200 derajat Celcius,” terang Rahmi.

Serbuk daun Stevia
Serbuk daun Stevia

Ia juga mengatakan, pengeringan bahan dasar dilakukan selama enam sampai tujuh jam hingga kadar air dalam ciplukan tersisa hanya tiga sampai empat persen. Diceritakan, pada awalnya, proses pengeringan bahan dilakukan secara manual dengan oven. “Saat ini kami mulai menggunakan ciplukan yang sudah dikeringkan. Kami beli dari kelompok tani Bina Agro Mandiri, Dongkelan yang biasa menjual berbagai jenis jamu-jamuan kering,” lanjutnya.

Ciplukan Tea
Ciplukan Tea

Setelah proses pengeringan, bahan kering kemudian digiling hingga halus menjadi serbuk. Sebelum dikemas dalam kantong celup, ditambahkan daun stevia dan teh hijau kering. . Dalam satu kali produksi takarannya yakni 1.200 gram ciplukan kering , 800 gram stevia kering, dan 400 gram teh hijau kering. Dari bahan-bahan tersebut dihasilkan sebanyak 2000 kantong teh ciplukan untuk 200 pack Cipcup Tea.

Cara Mengkonsumsi teh Ciplukan

Teh Ciplukan dan Gula Aren
Teh Ciplukan dan Gula Aren

Mengkonsumsi teh ciplukan sama seperti mengkonsumsi teh biasa umumnya, teh ciplukan ini dibuat  seperti teh celup dengan dibungkus,. untuk menikmati khasiatnya cukup di seduh dengan air mendidih dan diamkan selam 10 menit sebelum diminum. Namun bagi pengkonsumsi yang tidak begitu menyukai rasa pahit alangkah baikya di tambahkan gula aren organik sehingga mengurangi rasa getir pahitnya dan membuat anda nyaman dalam menikmati khasiat teh ciplukan ini. Seperti kalau kita mengkonsumsi jamu gendongan pasti setelah minum jamu dikasih penawar minuman dari gula merah.

menikmati secangkir teh ciplukan
menikmati secangkir teh ciplukan

Kandungan kimia :

  1. Herba : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A
  2. Biji : 12-15% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palminat dan asam stearat.
  3. Akar : alkaloid
  4. Daun : glikosida flavonoid
  5. Tunas : flavonoid dan saponin

 Khasiat :

  • Diabetes Mellitus
  • Darah tinggi
  • Sakit paru- paru.
  • Akar tumbuhan ciplukan pada umumnya digunakan sebagai obat cacing dan penurun demam
  • Daunnya digunakan untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah
  • Buah ciplukan sendiri sering dimakan; untuk mengobati epilepsi, tidak dapat kencing, dan penyakit kuning

Selamat menikmati khasiat tanaman herbal Nusantara.