wedang beras hitam
wedang beras hitam

Resep minuman – Wedang adalah kata yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”, namun dalam hal ini berarti “teh”. Walaupun tanpa kandungan kafein, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh. Minuman ini dibuat dari gula aren organik atau gula batu dan campuran ekstrak beras hitam. Masyarakat Indonesia juga masih asing dengan bubuk beras hitam sebagai bahan umum di resep minuman tradisional mereka. Ya karena beras hitam dalam dunia barat disebut sebagai “Forbidden Rice” atau beras terlarang, hanya kalangan keraton di Jawa dan tetua adat di luar Jawa yang mengkonsumsinya sebagai minuman kesehatan atau juga sebagai makanan pokok. Salah satu resep minuman wedang yang umum dan populer adalah Resep minuman Wedang Beras Hitam. Resep minuman tradisional ini berasal dari daerah Jawa Tengah yang umumnya dihidangkan panas.

new packagingWedang beras hitam juga termasuk kedalam salah satu minuman tradisonal. Resep minuman wedang beras hitam ini juga cocok untuk menjaga dan menghangatkan tubuh anda disaat mendekati musim penghujan seperti saat ini. Selain nikmat dan menyehatkan tubuh resep minuman ini juga sangat mudah untuk kita bikin sendiri loh!, penasaran cara membuat resep minuman wedang beras hitam yang bisa menyehatkan tubuh ini dan banyak khasiatnya.

Berikut adalah resep minuman lengkap, cara pembuatan resep minuman wedang jahe yang bisa anda coba dirumah masing-masing, resep wedang jahe dibawah adalah wedang jahe asli alias tanpa tambahan susu manis.

Jika biasanya Anda membuat wedang beras hitam menggunakan beras hitam instan atau membeli di gerai dan agen wedang beras hitam, alangkah baiknya jika Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep minuman ini.

Resep minuman wedang beras hitam Tradisional

Bahan-bahan :

  • Beras Hitam
  • Gula pasir atau gula merah
  • Air
rendaman beras hitam
rendaman beras hitam

Cara membuat resep minuman ini :

  1. Cuci beras hitam
  2. Rebus air hingga mendidih
  3. Setelah air mendidih, ambil beras hitam dan rendam dalam air mendidih sampai warnanya menjadi hitam keunguan
  4. Masukkan gula merah atau gula aren
  5. Tuangkan air yang sudah masak ke dalam gelas dan aduk rata, akan lebih nikmat jika air yang dituangkan adalah air yang baru saja mendidih (masih sangat panas)
  6. Hidangkan saat masih hangat

beras hitam newSemoga resep membuat wedang beras hitam di atas bermanfaat bagi Anda dan kesehatan Anda.Jika anda susah atau repot mendapatkanya anda bisa membeli dalam bentuk sacahet yang praktis tinggal seduh saja.

Advertisements