gambar gula arenPernahkah terbesit di pikiran anda bahwa gula aren yang selama ini dianggap biasa-biasa saja ternyata memiliki banyak khasiat? Sayapun juga sama seperti anda, tidak pernah mengira sebelumnya. Jika sebelumnya gula aren hanya dijadikan bahan pelengkap masakan atau bahan untuk membuat kue, kini gula aren banyak diburu untuk kebutuhan pengobatan karena banyaknya khasiat yang terkandung didalam gula aren tersebut.

Gula aren juga banyak dikonsumsi sebagai salah satu bahan pemanis alami yang sangat aman bagi tubuh. Selain itu kandungan didalam gula aren ini cukup penting peranannya untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi tertentu. Sejuta manfaat gula aren yang banyak dibicarakan, mengundang rasa penasaran di benak banyak orang.

Pohon ArenBaiklah, untuk menjawab penasaran ini saya akan menyuguhkan beberapa khasiat gula aren yang saya rangkum dibawah ini :

aren

1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah antibodi didalam tubuh yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Nah, dengan mengkonsumsi gula aren secara cukup, dapat meningkatkan anti oksidan didalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

2. Dapat Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada gula aren membuat siapa yang mengkonsumsinya akan terhindar dari anemia atau kurang darah.

3. Dijadikan Campuran Kuliner

Gula aren yang memiliki rasa manis dan enak, tentu menjadi bahan yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja dari daftar bahan pelengkap masakan kuliner. Diantara kegunaannya adalah untuk pemanis puding, kolak, kue-kue basah campuran minuman tradisional dan masih banyak lagi.

4. Dapat Meningkatkan daya Tahan Tubuh

Gula yang rasanya manis ini dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, beberapa unsur kimia yang terkandung didalamnya sangat penting untuk membantu memperlancar peredaran darah, menguatkan l impa, dan mengurangi rasa nyeri pada lambung. Untuk itu, konsumsi gula aren secara teratur dengan porsi yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Dapat Menormalkan Kolestrol

Gula aren ini mengandung Niacin yang berguna untuk menormalkan kolestrol didalam tubuh. Selain itu, Niacin juga berguna untuk menghaluskan kulit, membantu sistem syaraf dan sistem pencernaan, serta menjaga bibir yang pecah-pecah dan sariawan

Gula Aren Gunung Padang
Gula Aren Gunung Padang

Demikian beberapa khasiat dan manfaat gula aren bagi tubuh, semoga bermanfaat