gejala diabetesLondon Penyakit gula darah yang bisa berakibat fatal hingga kematian seperti diabetes akan segera naik status menjadi darurat kesehatan nasional di Inggris.

Menurut data audit diabetes di Inggris, jumlah penderita diabetes terus meningkat. Setiap hari terdapat 738 kasus baru diabetes akibat obesitas tipe 2. Saat ini, sekitar 3,8 juta orang menderita kondisi tersebut. Dan lebih dari sepertiganya memiliki kecenderungan untuk mengalami diabetes.

diabtes-control“Ini skala yang menakutkan. Jumlah penderita diabetes terus tumbuh. Akhirnya kecenderungan komplikasi kesehatan yang memungkinkan amputasi, gagal ginjal, jantung dan kematian semakin banyak,” tulis Chief Executive dari Diabetes UK, Barbara Young, seperti dikutip Independent, Senin (7/7/2014).

Penyakit diabetes memang tidak bisa dianggap remeh. Berdasarkan data Global Status Report on NCD yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2010 disebutkan, Diabetes Melitus menduduki peringkat keenam sebagai penyebab kematian pada kategori penyakit tidak menular. Rentang usia penderita diabetes pun bervariasi mulai dari 20 tahun hingga 79 tahun.

Di Indonesia sendiri, menurut laporan Blueprint for Change, jumlah penderita diabetes mencapai 7,6 juta orang. Parahnya, hanya 41 persen yang mengetahui kondisinya dan 39 persen lainnya yang mendapatkan pengobatan. Yang mengejutkan, hanya 0,7 persen penderita diabetes yang melakukan pengobatan dengan tepat.

pengemasan teh ciplukan secara higienis
pengemasan teh ciplukan secara higienis

Mahasiswa UGM ciptakan Teh Ciplukan yang aman bagi penderita Diabetes

Ciplukan Tea
Ciplukan Tea

Buah Ciplukan berbentuk mirip tomat namun berukuran lebih mini ini ternyata memiliki khasiat yang sangat tinggi. Mahasiswa UGM berbekal pengetahuan tentang manfaat besar dari buah ini menciptakan sebuah teh pengusir diabetes. Sebagai obat tentu saja teh ini lebih nikmat di konsumsi. Produk teh celup Ciplukan tersebut dilabeli Cipcup Tea. The Ciplukan dihasilkan dari tangan kreatif Denok Kumalasari, Rahmi Wijayanti, Intin Nurwati, dan Ridho Andika Putra.

ciplukan liar
ciplukan liar

Denok melanjutkan, dalam tanaman musiman ini mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Flavonoid yang terkandung di Ciplukan cukup tinggi, yaitu sebesar 4 persen. “Penderita diabet itu insulinnya tidak berfungsi, tak mampu lagi mengubah gula dalam tubuh menjadi energi. Nah flavonoid ini berfungsi memperbaiki dan mengembalikan fungsi insulin dalam tubuh,” jelas Denok seperti dilansir dari Vivanews. Selain mengandung flavonoid, lanjutnya, dalam Ciplukan juga terdapat senyawa antioksidan. “Yang dapat menangkal radikal bebas,” ucap Denok. Cipcup Tea dibuat dengan memanfaatkan batang dan daun Ciplukan.

Bagian-bagian tanaman tersebut dikeringkan terlebih dulu dengan menggunakan oven bersuhu 200 C selama 6-7 jam hingga kadar air dalam ciplukan hanya 3-4 persen. Selanjutnya, buah ini digiling hingga halus menjadi serbuk. Sebelum dikemas dalam kantong celup, ditambahkan daun stevia dan teh hijau kering. Lebih lanjut dijelaskan Rahmi, dalam setiap 1 kantong teh Ciplukan tersusun dari komposisi Ciplukan (0,6%), stevia (0,4%), dan teh hijau (0,2%). Dalam satu kali produksi menggunakan 1.200 gram Ciplukan kering , 800 gram stevia kering, dan 400 gram teh hijau kering. Dari bahan-bahan tersebut dihasilkan sebanyak 2000 kantong teh ciplukan untuk 200 pack Salwa Tea. Saat ini Salwa Tea memang belum dipasarkan secara luas. Namun ke depan mereka berencana akan membuat sistem keagenan dan menitipkan ke apotek-apotek.