sereal-padi-hitamJAKARTAIndonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Beras hitam adalah satu beras asli Indonesia. Belum banyak yang tahu mengenai khasiat dan manfaat beras mahal ini.

Pengusaha muda bernama Sochi, mencoba mengenalkan produk olahan dari beras hitam. “Sebagai orang yang belajar mengenai pertanian, saya tau bagaimana sulitnya petani memasarkan hasil terlebih lagi produk organik,” ungkapnya saat ditemui Okezone, Jakarta, Minggu (18/5/2014).

sereal padi hitamMenurutnya, petani harus mencari cara untuk meningkatkan produk organik. Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengolah sendiri hasil produk. “Kalau petani bisa mengolah sendiri hasil produk mereka, tidak akan ada lagi petani miskin di Indonesia,” ujarnya.

Berbicara mengenai produk organik, Sochi mengatakan bahwa memasarkan produk organik masih sangat sulit karena harganya pasti lebih mahal. “Kita liat saja, orang kalau disuruh memilih sayur organik atau sayur biasa, pasti lebih sedikit yang memilih sayur organik,” paparnya.

Salah satu produk organik yang bisa menghasilkan keuntungan adalah beras hitam. Harga perkilogram beras ini sekitar Rp.30.000. Namun jika sudah diolah menjadi suatu produk akan mendatangkan keuntungan, hal ini yang diucapkan Sochi, pemilik brand Wedang Beras Hitam.

sochi dan beras hitamDengan modal awal Rp.300 ribu, kini pendapatan per bulan Sochie mencapai angka Rp.30 juta/bulan. “Beras hitam ini kan sejarahnya kuat sekali, ini makanan para Raja-raja loh, bahkan di China beras ini menjadi beras terlarang,” ucapnya.

Saat ini sudah mulai banyak petani yang mengembangkan beras hitam. Dengan kandungan antioksida yang tinggi, beras hitam bisa mengeluarkan detox dan sangat baik untuk kesehatan. (rzy)