beras-hitam-di-kompasSilakan wedang beras hitamnya “ ujar Sochibudin Aulia (25) di rumah kontrakanya  di Parung beberapa waktu lalu. Dia letakkan segelas cairan gelap yang mengepulkan uap beraroma beras, lembut dan wangi. Begitu wedang lewat kerongkongan, rasa manis legit, wangi, dan hangatnya menjalar.

Kini, menikmati segelas wdang beras hitam cukup dengan buka kemasan, tunag bubuk beras hitam bercampur gula aren ke dalam gelas, tambahkan air panas mendidih lebih bagus, dan aduk seperti minum kopi. Sochibudin memang ingin agar orang kota yang super sibuk kadang tak sempat “masuk dapur” itu bisa dengan mudah mengkonsumsi  beras hitam.

sereal padi hitamSochibudin melalaui jalan panjang untuk menghadirkan minuman sehat kemasan sachet, Wedang Beras Hitam. Sebagai sarjana pertanian, Sochibudin telah lama mengenal beras hitam. Dia kian akrab dengan beras hitam ketika menderita sakit di tenggorokan beberapa tahun lalu. “ Seorang teman menyarankan minum air rebusan beras hitam. Setelah seminggu rutin minum sakit di tenggorokan hilang “ ujarnya.

Sochibudin pun terpesona beras hitam. Dia bantu teman-temanya yag menjual beras hitam. “ Susah sekali menjual sereal beras hitam. Saya pikir, kemasanya kurang praktis. Pembeli harus menyendoki beras dari kantong untuk mengkonsusmsinya. Muncul ide kemasan scahet seperti kopi. Jadi tinggal tuang dan seduh” ujarnya.

Sochibudin melontarkan ide itu kepada temanya yang memiliki usaha berjualan sereal beras hitam. Saya malah diminta meneruskan ide itu, hee…hee..hee ujar Sochibudin yang kemudian memulai usaha wedang beras hitam itu tahun 2010 dan mengajak teman-teman mudanya bergabung.

JeanNPuji-300x225Sejak, itu Sochibudin rajin berburu beras hitam. Dia datangi para petani padi hitam guna mencari pemasok beras hitam yang tepat. Beras hitam masih tergolong langka saat itu. Dari Perjalanan mengelilingi Tanah Jawa  itu pula, Sochibudin mendengar ragam kisah beras hitam. Di Yogyakarta, saya bertemu abdi dalem keraton sultan. Menurut abdi dalem , Saya tidak boleh membeli beras hitam dan abdi dalem itu juga tidak berani menjual beras hitam karena hanya untuk kalangan tertentu saja.Di badui, Banten pun begitu mereka pantang menjual beras hitam. Di suku sasak, Nusatenggara Barat, Beras hitam menjadi ritual adat sama seperti di Sulawesi varietas Toraja atau rentapau. Di Negeri Tirai Bambu China, beras hitam di sebut “ beras terlarang”. Pada masa kekaisaran, hanya kaisar dan keluarga kerajaan yang boleh mengkonsumsinya. Di masa sekarang dijual di E-bay, ujarnya.

Bahan organik

control diabetes for your liveSochibudin hanya menggunakan beras hitam dan gula aren organik. Sejak membaca artikel kesehatan tentang bahaya gula pasir, Sochibudin  memutuskan berhenti menggunakan gula pasir dalam hidupnya dan beralih ke gula aren. Lantaran kandunganya serba organik, Produk merk Wedang Beras Hitam buatan Sochibudin pun terpilih sebagai penerima penghargaan “ Greenpreneurship Award III” untuk kategori Produk dalam ajang Organic Green and Helathy Expo of Indonesia Tahun 2013.

Penggunaan bahan-bahan organik itu tak lepas dari latar belakang Sochibudin sebagai sarjana pertania. “ Dulu waktu praktik di kampus pun selalu perang batin kalau harus pakai pupuk dan pestisida kimia. Kami tahu racun itu bahaya, yang kena racun itu bukan hanya hama, justru yang pertama-tama dan pasti kena itu tanamanya. Kalau hamanya kan bisa lari ujarnya setengah bercanda. Termasuk bulir padi yang nantinya kita makan , “ ujar Sochibudin yang pernah menjadi petani beras organik sebelum banting setir membuat wedang beras hitam.

Konsep Organik, kata Sochibudin tidak hanya soal teknis bertani secara alami, tetapi juga filosofis, yakni berangkat dari kesadaran betapa manusia itu bagian dari alam. Kita seharusnya yang ikut kemauan Alam, bukan ingin mengendalikan Alam.

Dikecambahkan

AYCEGBRcttDi tangan Sochibudin dan rekan-rekanya, beras hitam organik melwati rantai pengolahan. Semula, beras yang telah dicuci langsung dikeringkan dan disangrai atau di oven. Sochibudin kemudian membaca tentang teknis hatsuya genmai  dari Jepang. Beras coklat sedikit dikecambahkan untuk meningkatkan vitamin dan enzim. Ia lalu menggunakan teknik pengecambahan itu pada beras hitam.

Beras hitam yang sudah kaya akan  gizi itu dilipatgandakan khasiatnya. Bank Pengetahuan Pangan Indonesia, Kementrian Pertanian mencatat, beras hitam mengandung anti oksidan antosianin yang memunculkan warna ungu pekat mendekati hitam (bahasa jawa: wulung). Selain itu beras hitam mengandung kadar gula lebih rendah/indeks glikemik di bawah 50, banyak serat tinggi zat besi, dan Vitamin E. Khasiat beras hitam terentang mulai dari mencegah anemia (kekurangan darah), menurunkan kadar kolesterol, memperbaiki fungsi hati dan ginjal hingga mencegah kanker.

Dulunya , pengecambahan Cuma dengan rendaman air yang diganti berulang kali. Air rendaman saya rebus dan minum sendiri sehari bisa  minum 2 liter. Saya jadi lebih sehat banget, ha..haa..haa. Sekarang saya menemukan teknik alami menggunakan herbal untuk mempercepat pengecambahan ujarnya.

Beras yang mulai berkecambah itu lalu dikeringkan dan digiling. Sochibudin membeli penggilingan skala rumah tangga teknologi dari Jerman lewat internet. Di Eropa ada trend menggiling biji-bijian termasuk gandum konsumsi harian agar nutrisinya tidak habis. Penggilingan itu berbahan tanah liat.

Dari Aceh sampai Ambon

sereal-padi-hitamSochibudin memulai usaha dengan modal awal Rp.300.000 dan kerap nombok setiap bulan. Kini, usaha itu mulai menuai hasil. Omset bisnisnya sudah diatas Rp.10 juta per bulan. Sekitar 8000-9000 sachet wedag beras hitam diproduksi setiap bulanya dengan bantuan distributor dari Aceh, Jambi, Pekan baru, Serang, Cilegon, JABODETABEK, Bandung, Semarang hingga Sulawesi Tengah. Untuk daerah terpencil wedang bisa dikirim lewat jasa pengiriman.

Kata Sochibudin ada anggapan berdagang produk organik sulit untung. Sesungguhnya dengan produk organik itu justru semua diuntungkan, Tubuh sehat, alam terlindungi dan petani sejahtera. Harga pupuk dan pestisida yang malah akhirnya membebani petani, ujar Sochibudin yang selalu menerima berapun harga dari petani karena harga per kg beras hitam nilainya sangat mahal diukuran pemakan nasi putih.

Inginya suatu saat nanti Wedang Beras Hitam ada diantara ragam minuman kemasan sachet lainya di warung-warung dan menjadi pilihan minuman sehat Indonesia.

Di sadur kembali dari Kompas, Edisi Minggu 2 Maret 2014.

Layak dibaca Beras Kecambah Kaya Nutrisi