babon arabDilihat dari segi genetik dan karakter fisiknya, ayam arab memiliki gabungan keunggulan yang dimiliki ayam buras dan ayam ras petelur, serta sekaligus membuang hampir semua kelemahan kedua jenis ayam tersebut, Hampir semua sifat pada ayam buras, seperti  tahan penyakit, konsumsi pakan rendah, mampu mengkonsumsi pakan rumahan, dan mudah pemeliharaanya, terdapat pada ayam arab. Sementara sifat mengeram yang selama ini menjadi kelemahan ayam buras, sama sekali tidak dimiliki ayam arab, sehingga  ayam arab dapat bertelur sepanjang tahun dan dapat dibudidayakan secara intensif dalam kandang baterai.

TELUR-AYAM-ARAB-DAN-TELUR-PUYUHDari segi produktivitas, ayam arab memiliki keunggulan dibandingkan ayam buras pada umumnya. Pengalaman sejumlah peternak menunjukkan bahwa dengan pemeliharaan secara intensif, produktivitas ayam arab bisa mencapai 70% – 80%, atau berkisar 250 butir dalam 1 tahun. Bahkan ada beberapa peternak yang mampu memacu tingkat produksi ayam arab tersebut hingga mencapai 90% pada puncak produksinya.

telur ayam ArabiPenampang cangkang telur ayam arab berwarna putih hingga kecokelatan, sangat mirip dengan cangkang telur ayam kampung lainnya. Perbedaan hanya tampak pada cangkang telur yang relatif lebih tebal, dengan kening telur yang lebih besar, serta rasa yang lebih gurih, dan tidak amis. Sementara, berat telur ayam arab relatif lebih ringan dibandingkan telur ayam lainnya.

Beberapa peternak yang sudah berpengalaman memelihara ayam arab menilai bahwa telur ayam arab hasil persilangan ternyata lebih mirip dengan telur ayam kampung, jika dibandingkan dengan telur arab asli. Telur arab asli cenderung lebih putih, sementara bila disilangkan dengan ayam buras atau ayam ras petelur, warna telur dapat menjadi kecoklatan. Oleh karena itu, peternak yang menjual telur konsumsi, lebih menyukai memelihara ayam arab hasil persilangan.

Telur Herbal/Ayam Arab, Membaca tulisan itu sontak membuat pikiran langsung melayang tentang hal-hal berbau Arab dan Timur Tengah. Seperti apakah Telur Herbal/Ayam Arab? Sebesar apa bentuknya?
Pengelola bisnis Telur Herbal/Ayam Arab bekerjasama dengan Peternak, Ali Jumeili mengatakan, Telur Herbal/Ayam Arab merupakan telur ayam yang merupakan hasil dari keturunan ayam Brakel Kriel-Silver, Belgia.
Disebut ayam arab, karena penampilannya yang dikaitkan dengan gadis berkerudung. Ya, ayam arab mempunyai ”kerudung” berwarna putih di bagian belakang lehernya. Kerudung ini makin kentara pada ayam jantan, karena terlihat berjuntai panjang, juga karena pejantannya memiliki daya seksual yang tinggi dan keberadaannya di Indonesia melalui telurnya yang dibawa oleh orang yang menunaikan ibadah haji dari Mekah, ujar Ali kepada Media, kemarin.
Dikatakan Ali, bisnis pemasaran Telur Herbal/Ayam Arab yang dilakukannya itu bekerja sama dengan para peternak besar di daerah Jawa Tengah yang memiliki kapasitas produksi minimal 10.000 butir telur ayam per hari.

perbedaan telur ayam arab dan ayam buras
perbedaan telur ayam arab dan ayam buras

Memang beternak Ayam Arab sangat menguntungkan, karena produksi telurnya tinggi mencapai 190-250 butir telur per tahun dengan berat maksimal telur mencapai 42,3 gram per butir. Selain itu, Ayam Arab termasuk tipe ayam kecil sehingga konsumsi pakan relatif lebih sedikit sehingga lebih efisien, papar peternak.
Sementara untuk telurnya sendiri, memiliki keunggulan dibandingkan telur ayam leghorn (ayam ras). Telur Herbal/Ayam Arab bentuk, warna dan ukurannya mirip seperti telur ayam kampung, namun dilihat isinya, kuning telurnya lebih besar volumenya, mencapai 53,2 persen dari total berat telur, terang dia.
Manfaat Telur Herbal/Ayam Arab, lanjut dia, merupakan telur ayam non kolesterol yang kandungan Omega 3-nya tinggi. Tentu sangat berguna membantu meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan stamina tubuh bagi orang dewasa.

Usaha pemasaran Telur Herbal/Ayam Arab memiliki potensi yang prospektif, hingga kini masih sebatas sebagai pemasok bagi member konsumen, seperti perumahan dan warung-warung di Bekasi. Untukmenawarkan Telur Herbal/Ayam Arab dengan harga Rp3.000 per butir dan dikemas dalam kemasan plastik @ 10 butir. Telur ini memang tidak dijual kiloan seperti telur ayam biasa. Harganya pun hampir sama dengan harga telur ayam kampung. Tapi kalau bicara kualitas, tentu jauh berbeda, misalnya, tidak anyir dan kuning telurnya meski mentah tapi sangat manis rasanya.
Nah, ingin beralih mengkonsumsi telur yang lebih sehat dan berkhasiat, silakan menghubungi Hendra Andiarto di nomor kontak 021-46321199, email:  hendraxsap@gmail.com. Apalagi sebentar lagi Bulan Haji, musim-musimnya hajat pernikahan, tentunya banyak pengantin baru membutuhkan asupan tambahan untuk meningkatkan stamina tubuhnya.