Jujur itu mahalHidup di jaman yang serba susah ini, dimana kejujuran sangat langka dan mahal harganya memang menuntut kita untuk jeli dan teliti dalam memilih produk yang beredar dipasaran, mengatur pemasukan dan pengeluaran kita. Apalagi saat ini semua bisa dibeli dengan uang. Contohnya: Sertifikat Organik, Hasil uji lab, dan lain lain semua bisa dibeli asalkan kita punya uang. Kita sebagai konsumenlah yang paling banyak dirugikan oleh produsen produsen yang nakal, yang hanya mengambil untung sebanyak banyaknya tanpa mempedulikan kesehatan orang lain yg mengkonsumsinya.

Dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari kita sering berbelanja kebutuhan tersebut di pasar tradisional, supermarket, mall, dll. Nah…disinilah kejelian & ketelitian kita di uji. Sebagai orang awam tentu saja kita percaya dg yg tercantum pada apa yg di tulis dalam kemasan (biasanya di supermarket, Mall, dan toko toko waralaba) padahal kualitasnya juga belum tentu, apalagi pengawasan dari Dinas terkait sangat longgar. Apalagi kemasan dari pabrik yang sudah punya nama dan sudah ada standar ISO nya tentu kita lebih percaya dengan kualitas dari produk yang dihasilkannya. Nah…untuk yang beli di pasar tradisional apalagi yang hanya di kemas dengan plastik polosan perlu diwaspadai…

MAAF TIDAK BERMAKSUD MEN-JUSTIFIKASI UKM / PRODUSEN KECIL / PEDAGANG di pasar tradisional, masih banyak mereka yang jujur.

Di era yg serba sulit inilah banyak dimanfaatkan oleh para produsen dan pedagang nakal tuk meraup keuntungan sebanyak banyaknya, walaupun ada juga produsen dan pedagang yang jujur dalam memperoleh Rizki-NYA. Barang barang konsumsi yang harus jeli dan cermat biasanya ter indikasi pada produk produk yang langka atau susah diperoleh dipasaran entah itu di pasar tradisional, supermarket, mall, toko waralaba, dll. Produsen nakal mencari celah dari produk produk konsumsi yang susah diperoleh dan harganya mahal (karena susah didapat jadi harga bisa mahal).

Produk produk yang terindikasi ada kecurangan adalah diantaranya sebagai berikut:

1. Produk produk Organik
2. Beras Hitam
3. Buah-buahan
4. Beras
5. dll

Mari kita uraikan satu persatu yaa……

1. Produk produk Organik.

* Indikasinya adalah sertifikat organik aspal, artinya sertifikat yg diperoleh dg menyuap pihak yg berwenang mengeluarkan sertifikat organik. Bisa juga dikatakan dengan sertifikat organik tembakan
* Cara antisipasi adalah sementara mempercayai apa yg tertulis dikemasan dan g ada salahnya di uji dg adanya kutu atau serangga atau hewan yang menyerang produk tersebut dg dibandingkan dengan produk serupa (produk biasa / non organik). semakin cepat diserang serangga maka yg pertama diserang itulah yg kadar kimia buatannya yg sedikit.

2. Beras Hitam

Beras Hitam Packing OK

* Indikasinya adalah beras hitam dicampurkan dengan ketan hitam. Komposisi pencampuran sesuai selera produsen. Jika mau untung besar maka ketan hitam diperbanyak daripada beras hitam. adalagi yg lebih bejat yaitu beras putih di beri pewarna hitam keunguan
* Cara antisipasi adalah mengetahui ciri dari beras hitam itu sendiri. Ciri beras hitam secara fisik adalah lapisan terluar berwarna hitam legam, ada yg berwarna hitam keunguan karena varietas beras hitam ada 9 macam. Lapisan lebih dalam adalah berasnya dg ditandai berwarna putih agak transparan. Ciri berdasarkan rasa adalah beras hitam berasa seperti beras merah (agak pera) hanya bedanya beras hitam lebih tdk berasa manis dari beras merah. Waktu di cuci (sebelum dimasak) warna tidak pudar. Bulir beras hitam berwujud lonjong agak elips, kalo ketan hitam berwujud lonjong lancip.

Beras hitam/Jowo Melik/beras Ireng :

beras Hitam Kualitas SuperKandungan Beras Hitam (Menurut BPTP Jogjakarta)

Jenis Zat Prosentase
Karbohidrat 74,51 %(Amilosa 22,97% & Amilopektin 51, 54 % )
Beta Caroten 804,16 mg / 100 gr
Antosianin 393,93 ppm
Fe 150,261 ppm
  1. Kandungan Beta Caroten/turunan vitamin A tinggi (=804,16 mg/100gr), bagus untuk kesehatan mata.
  2. Kandungan Antosianin tinggi (=393,93 ppm). Antosianin adalah komponen flavanoids tanaman berupa pigmen warna ungu yang mempunyai kemampuan antioksidan dan anti kanker. Antioksidan adalah senyawa yang bisa memincu penyakit atau proses penuaan dengan proses oksidasi seperti polusi air, polusi air, polusi udara, ultra violet dll.
  3. Mengandung serat yang tinggi sehingga cocok untuk diet, gangguan lambung, diabetes, kolesterol.
  4. Kandungan Fe 150,261 ppm, sangat cocok untuk tambah darah.
  5. Tidak mengandung residu pestisida pemicu berbagai macam penyakit.

Beras Merah

Jenis Zat Prosentasi
Karbohidrat 75,36 %
Serat 1,05 %
Protein 10,02 %
Lemak 1,08 %
Air 11,05 %
Kalori 327,74 Kal/100gr
Vit B1 213,73 ug/100gr
Gula 0,89 %
  1. Kandungan serat tinggi 1,05% sedangkan gula rendah 0,89% cocok untuk diet, gangguan lambung, diabetes, kolesterol.
  2. Mengandung vitamin B1 tinggi cocok untuk menganti situasi kurang gizi pada anak-anak.
  3. Tidak mengandung residu pestisida pemicu berbagai macam penyakit.

3. Buah-buahan

* Indikasinya adalah  banyak buah import yang masuk  tapi tidak lolos uji karantina, dan sebenarnya  barang yang berkualitas rendah.
* Cara antisipasi adalah melihat ciri fisiknya yaitu buahnya begitu mulus  karena dilapisi lilin agar tampil mulus dan menggoda padahal, banyak cacatnya.

4. Beras

* Indikasinya adalah pemalsuan wilayah. contohnya adalah di bilang beras delanggu tapi sebenarnya beras lokal,memakai pewarna dan macam-macam triknya.