Ramai-ramai Back To Nature, Beras Hitam Organik

Makanan OrganikDari artis sampai pejabat negara ramai-ramai mengkonsumsi makanan organik, Sekelompok Orang bahkan membentuk Komunitas Sehat Organik. Lihat usia Kakek-Nenek  kita yang lahir dibawah tahun 40-an rata-rata mempunyai umur diatas 75 thn apa resepnya, ternyata makanan  yang sehat.

Menu makanan apa yang bakal menjadi Tren di tahun 2012 dan diabad 21? Ya, Tak salah adalah back to nature “ Makanan sehat dari bahan-bahan alami dan tidak terkontaminasi zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, banyak orang menyebutnya makanan organik. Paling tidak itulah yang dikutip dari laman food and health.Makanan organik memang telah lama menjadi menu favorit masyarakat kalangan atas dari zaman kerajaan dahulu, seperti raja-raja yang mengkonsumsi beras hitam & beras merah. Sekarang banyak dari kalangan artis, pengusaha hingga pejabat. Bahkan kini, makanan organik menjadi kebutuhan hidup banyak orang termasuk kalangan menengah, seiring dengan publikasi yang masif manfaatnya bagi kesehatan.

mari-elka-pangestuSalah satu pejabat yang telah lama mengonsumsi makanan organik adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Mari Elka Pangestu. Ia menggemari makanan organik yang tanpa zat kimia berbahaya bagi tubuh sejak kuliah di The Austarlian Nationalo University, 20 tahun silam.

Marie mendapat informasi soal manfaat makanan organik dari teman-teman kampusnya dan membaca buku, koran serta majalah.Ia tidak ingin ada timbunan zat-zat kimia berbahaya, seperti pengawet, pewarna tekstil dalam makanan, pestisida di dalam tubuh kita.Konsekuensinya, ia harus merogoh kocek lebih dalam  lantaran sayuran organik di luar negeri harganya selangit lebih mahal enam kali lipat dibanding dari harga sayuran biasa. “ Mahal tapi bermanfaat dan bikin tidak mudah sakit,” karena kekebalan tubuh kita lebih kuat katanya.

Dahlan iskanTak hanya Marie Elka Pangestu, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan juga mengkonsumsi makanan organik apalagi setelah beliau menjalanai transplantasi hati di China, beliau berujar makanan yang masuk kedalam tubuh kita bila tidak sehat bisa menyebabkan berbagai macam penyakit degeneratif seperti Kanker, Jantung, Diabetes dll. Jika kebanyakan orang memilih makan siang di sebuah restoran, beda halnya dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Mantan Dirut PLN tersebut memilih untuk memakan masakan yang dibuat oleh istrinya,  Ini sayur rebung, enak banget, favorit saya, tidak akan ada di restoran lain,” ungkapnya kala ditemui saat makan siang di Gedung Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (17/1/2012). Selain sayur rebung favoritnya, istri Dahlan juga memasak makanan lainnya seperti sayur urap, tempe goreng, perkedel jagung, juga pisang dan singkong rebus.

melly manuhutuCerita lain datang dari artis Melly manuhutu, ia mengkonsumsi sayuran organik sejak tahun 2001. Bahakan karena ketagihan, ia membangun kebun di daerah puncak dan toko sayuran organik di kemang, lihat juga di Kemcick milik Bob sadino juga menjajakan makanan dan sayuran organik. Lantaran makanan organik sudah menjadi gaya hidup, sampai-sampai sekelompok orang mendirikan komunitas sehat organik. Komunitas ini berorientasi kepada penyadaran masyarakat untuk kembali kepada produk-produk yang diolah dengan cara organik yang ramah lingkungan dan sehat untuk dikonsumsi.

sadino5Makanan organik adalah makanan yang ditumbuhkan dan disimpan tanpa zat kimia buatan seperti pestisida, bahan pengawet, zat pewarna maupun penyedap termasuk daging binatang yang dipelihara tanpa obat-obatan seperti Ayam yang di pelihara hanya 30 hari itu sangat berbahaya karena disuntik hormon tertentu. Maklum sisa zat kimia semacam hormon pertumbuhan itu bila tinggal dan mengendap dalam tubuh sangat berisiko mengakibatkan kaker terutama bagian sayap, paha, dan kepala. Makanya di luar negeri Eropa, Amerika dan Australia tidak digunakan melainkan dilempar kenegara dunia ketiga seperti Indonesia dan Asia lainya.

Beras Organik

Beras organik rupanya saat ini mulai dilirik oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang peduli akan kesehatan atau mereka yang selalu mengikuti tren gaya hidup sehat. Semakin maraknya bentuk produk pertanian yang berbasis teknologi dengan mengangkat tema organik tentu semakin mendukung munculnya berbagai bahan makanan, seperti sayur, buah, dan bahkan kali ini beras dengan nama “organik” juga muncul seperti beras Merah dan Beras Hitam. Tidak hanya trend saja yang mendasari mengapa masyarakat memilihnya, namun juga semakin meningkatnya prevalensi penyakit–penyakit akibat gaya hidup Modern yang lebih banyak tidak sehat.

Keunggulan Beras Organik Beras Hitam

beras-hitam-dijualMengenai keunggulan beras organik dalam bidang pertanian sendiri adalah meminimalkan atau bahkan menghilangkan sama sekali residu–residu pestisida dan zat kimia berbahaya lainnya. Tentu hal ini juga berpengaruh dalam bidang kesehatan karena kualitas beras sendiri semakin baik. Semakin sedikit mengandung zat kimia tentu mengurangi risiko penyakit–penyakit akibat zat kimia seperti pestisida. Kita bisa belajar dari kakek-nenek kita mengapa mereka sehat diusia tua dan memiliki umur panjang, nenek saya meninggal umur 95 tahun dengan gigi yang masih utuh karena rajin “Nyirih” kakek saya yang meninggal tahun 2010 dalam usia 105 tahun saya perhatikan rahasianya adalah makanan dan pola hidup sehat. Selain Rajin Puasa Senin-Kamis, kakek saya menghindari makanan-makanan modern setia dengan

Penyakit–penyakit akibat gaya hidup yang kurang sehat juga mampu ditangani atau dicegah oleh beras organik. Beras ini dapat mencegah terjadinya sembelit dan tentu cocok untuk menu diet. Selain itu mampu mencegah penyakit pada saluran pencernaan, meningkatkan perkembangan otak, dan mampu menurunkan kolesterol darah. Penyakit lain yang berkenaan dengan gaya hidup seperti penyakit jantung juga dapat ditangani. Penyakit kanker dan degeneratif ternyata juga mampu ditangani dan menjadi alasan mengapa beras jenis ini lebih unggul.

Kandungan Zat pada Beras Hitam

beras Hitam Kualitas SuperMemiliki khasiat pada bidang kesehatan yang lebih tentu dapat dijelaskan dengan mengetahui kandungan dari beras jenis ini. Kandungan utama yang dimiliki oleh setiap beras adalah vitamin B1, dimana pada beras jenis ini memiliki kandungan lebih tinggi dibanding dengan beras putih biasa. Kandungan mineral yang ada juga lebih tinggi. Kandungan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular atau jantung juga lebih banyak dikandung. Selain itu alasan mengapa beras ini cocok untuk menu diet adalah karena mengandung banyak serat. Selain itu serat juga bermanfaat untuk mencegah sembelit sehingga pencernaan menjadi semakin lancar. Kandungan lain yang menjadikan beras organik diunggulkan adalah karena kaya akan asam amino.

Beras organik adalah beras yang berasal dari padi organik. Yakni padi yang dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia sintetik, seperti pupuk kimia dan pestisida”.Bedanya dengan padi konvensional,  seluruh proses pembudidayaannya menggunakan bahan-bahan
alami. Mulai dari proses pembenihan, pengolahan tanah, pemberantasan hama dan perlakuan pascapanen.

Darimulai pembenihan dan pembudidayaan, padi organik hanya menggunakan pupuk alami, seperti pupuk kandang, kompos dan bokasi. Untuk pemberantasan hama dan penyakitnya, juga digunakan pestisida organik, yang terbuat dari tumbuhtumbuhan.

aneka macam berasDalam proses penggilingannya juga harus dipastikan tidak tercampur dengan padi biasa”, Dengan perlakuan yang khusus tersebut, diharapkan padi yang dihasilkan juga bebas bahan kimia berbahaya. Karena itu, jika dibanding dengan padi hasil budidaya konvensional, padi organik memiliki beberapa kelebihan, di antaranya, lebih sehat untuk dikonsumsi, lebih tahan lama, baik ketika disimpan dalam bentuk gabah maupun dalam bentuk beras. Bahkan nasinya tidak mudah basi ketimbang padi biasa. Wangi berasnya juga lebih alami. Mungkin karena itulah, banyak kalangan masyarakat ekonomi menengah ke atas yang menyukai dan mengkonsumsi beras hitam organik ini”, jelasnya.Ongkos produksi padi organik, sebenarnya tidak terlalu mahal. Karena hanya menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar petani. Namun, karena masih sedikitnya budidaya padi organik tersebut dan tingginya pemintaan pasar membuat harga padi organik melambung. “Saya yakin, di masa mendatang, padi organik menjadi idola bagi masyarakat. Karena selain sehat untuk dikonsumsi, secara ekonomi padi organik juga sangat menguntungkan petani.

Kendala padi organik selalu ada Tetapi untuk mengembangkan padi organik ini, menurut
masih banyak kendala yang harus dihadapi. Di antaranya, sulitnya mengubah cara bertanam petani dari cara konvensional ke cara tanam nonkimia. Proses normalisasi tanah dari ketergantungan pupuk kimia juga membutuhkan waktu bertahun-tahun. Selain itu, adanya penurunan produktivitas padi organik pada panen pertama hingga 20% atau 4,5 ton per hektar, juga membutuhkan kesabaran para petani. Padahal pada musim panen keempat dan kelima, produktivitas padi organik dapat meningkat hingga 9 ton per hektar. Atau melebihi produktivitas padi biasa yang hanya 6- 7 ton per hektar.

sehatNah sekarang sudah tahu kan pola gaya hidup sehat itu dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi, menurut penelitian hampir 80% penyakit ditimbulkan dari usus artinya dari makanan yang masuk ke tubuh kita. Yuk mulai merubah pola makan kita dengan pola gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat organik dan olahraga.