Indonesia adalah negara dengan kekayaan plasma nutfah terlengkap di dunia, namun belum di olah secara optimal untuk dunia medis dan pengobatan. Siapa yang tidak kenal beras kencur? jamu yang telah tersohor akan khasiatnya, namun kini telah muncul legenda yang tersimpan selama ribuan tahun yang memiliki khasiat lebih  dari beras kencur yaitu “Wedang beras Hitam“. Nah mari kita bahas satu persatu kekayaan obat Indonesia Ini.

Beras Kencur

Beras kencur merupakan minuman penyegar khas dari Indonesia (Jawa). Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar.

Bahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar selain itu jamu beras kencur jika diminum secara rutin setiap hari bisa membantu menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag (untuk penyembuhan maag ini tidak boleh dicampur dengan rimpang jahe dan untuk asam kawak boleh sedikit saja). Rasa manis berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) yang ditambahkan. Kencur menyumbang pada rasa sedikit pedas yang terasa jika beras kencur diminum, untuk menambah rasa pedas jamu beras kencur ini biasanya ditambah rimpang jahe secukupnya.

Ramuan jamu beras kencur selengkanya yaitu terdiri dari: Bahan utama rimpang kencur dan tepung beras, rimpang jahe, asam kawak, biji kedaung, garam dan gula merah atau gula pasir.

Jamu beras kencur secara tradisional dijual bentuk cairan segar, baik di pasar-pasar umum atau oleh penjual jamu keliling. Industri jamu sekarang mengembangkan beras kencur yang dikemas dalam bentuk bubuk atau konsentrat (sirup) dan juga dijual bentuk bubuk kering instan tinggal menyeduh dengan air hangat atau air panas, prosesnya rimpang kencur bersama bahan lainnya kecuali tepung beras dan gula ditumbuk atau digiling sampai halus, dengan air panas diperas diambil sari-sarinya setelah itu tepung beras dan perasan sari kencur dicampur dengan beras dan gula untuk selanjutnya diproses pengeringan dengan cara dipanasi.

Minuman ini terbuat dari beras dan kencur. Kombinasi keduanya menghasilkan manfaat yang besar, diantaranya sebagai sarana : mencegah masuk angin, meningkatkan nafsu makan, mencegah sariawan, membantu menghilangkan capek-capek, memperlancar siklus menstruasi, mengeluarkan dahak dan ekspektoran, mengurangi rasa pusing, mual dan kembung.

Bahan Minuman Beras Kencur :
Beras 200 gram
Air mendidih 100 ml
Kencur 50 gram, bersihkan
Jahe 50 gram, bersihkan
Daun pandan 2 lembar
Kelabet 1/2 sendok teh
Kapulaga 10 buah
Kemukus 1/2 sendok teh
Gula merah 300 gram
Air 1500 ml
Garam secukupnya

Cara membuat Minuman Beras Kencur :
Beras dibersihkan, tiriskan. Sangrai lalu rendam dalam air mendidih selama 2 jam.
Sangrai jahe dan kencur, angkat dan sisihkan.
Campur rendaman beras, kencur, jahe yang telah disangrai, kelabet, kapulaga, kemukus dan sedikit garam. Haluskan dengan blender.
Rebus air bersama gula merah dan pandan hingga gula larut dan mendidih.
Campur beras kencur dengan air gula, aduk rata lalu saring. Sajikan.

Untuk 7 – 8 gelas

Beras Hitam

Wedang beras shitam adalah merupakan Inovasi hasil dari olahan beras hitam yang diproduksi secara profesional, mulai dari penanaman padi hitam, pemanenan dan pengolahan  dengan mesin terbaik teknologi jerman, hingga proses pengemasan modern yang mampu mempertahankan khasiat kekeuatan alam yang terkandung dalam bulir beras hitam untuk anda rasakan.

Wedang beras hitam juga dilengkapi dengan gula aren organik sehingga aman bagi pendeita diabetes.Wedang beras hitam kaya akan  khasiat diantaranya mempunyai khasiat meningkatkan kekebaln tubuh (imunitas), mengelurkan racun (detoksifikasi) menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh, serta memiliki aroma harum dan rasa yang lezat.beras hitam juga bisa membantu penyembuhan berbagai macam penyakit seperti leukimia, diabetes, kegemukkan, kanker, kolesterol, maag,asma, ginjal, hipatitis, masalah pencernaan, alergi makanan, masalah kewanitaan,mengurangi peradangan, memperbaiki kerusakan sel hati dan memperlambat penuaan dini, sebagai antioksidan dan lain-lain.

Memang khasiat beras hitam terkubur selama ribuan tahun dan hanya kalangan tertentu seperti lingkungan keraton, tetua adat yang mengkonsumsi dan merasakan khasiatnya, namun kini anda pun berhak  mengkonsumsi salah satu plasma nutfah karunia Tuhan  dan asli produk Indonesia.

Mengapa Beras Hitam

Jadi apa khasiatnya?

Beras hitam sangat ahli dalam mengerjakan tugas seperti:

– Membersihkan racun dan toksin dari dalam tubuh (detoksifikasi)

– Membantu memelihara ketahanan tubuh (imunitas)

– Membantu memelihara keseimbangan sistem organ dan hormon

Tubuh kita memiliki kemampuan yang dahsyat untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit. Asalkan diberikan kondisi yang sesuai. Beras hitam bukan obat yang menyerang sumber penyakit (kecuali membersihkannya), namun membantu tubuh mendapatkan kondisi ideal untuk sehat.

Berbagai penyakit seperti leukemia, diabetes, kegemukan, kanker, kolesterol, maag, asma, ginjal, hepatitis, anemia, masalah pencernaan, alergi makanan, masalah kewanitaan, mengurangi peradangan, dan memperbaiki kerusakan sel hati adalah diantara khasiat yang pernah dirasakan oleh konsumen kami.

Kenapa harus Wedang Beras Hitam?

+  100% organik dan berkhasiat

+ diolah dengan mesin khusus dari Jerman*

+ rendah gula, aman bagi penderita diabetes** (menggunakan gula aren organik yang aman bagi penderuta diabetes).

+ kaya serat, asam amino dan antioksidan***

+ kaya zat antikanker antosianin****

+ rasa yang lezat, disukai anak-anak

+ aman bagi seluruh keluarga

* Special Grain Mill, Komo Fidibus XL

** 240th National Meeting of The American Chemical Society (ACS)

*** penelitian Prof Zhimin Xu, Louisiana State University (Aug 2010)

**** penelitian Takashi Ichiyanagi et al (Des 2001)

Anda sedang beruntung!

Anda tidak perlu menjadi ningrat untuk rutin mengkonsumsi beras hitam. Juga tidak perlu menguras kocek untuk mendapatkannya. Apalagi repot menanak beras hitam yang harus direndam dahulu. Malah Anda termasuk orang yang lebih dahulu mengetahui khasiat sang Legenda. .

Tak ada kompromi untuk kualitas

Wedang Beras Hitam diolah dengan teknik khusus dari Jepang. Tidak hanya mempertahankan khasiatnya, justru semakin melipatgandakan kemampuan sang legenda dalam memerangi penyakit. Mesin khusus sengaja kami datangkan dari Jerman untuk memastikan kualitas beras hitam terbaik sampai di tangan Anda. Dan kami tidak perlu menambahkan apapun, selain gula aren organik yang aman bagi penderita diabetes!