Kelebihan berat badan? Sudah coba berbagai jurus malah jadi bingung? Coba biarkan sang legenda membantu Anda menyelesaikan tugas rumit ini. Tulisan berikut adalah hasil testimoni dari Banjarmasin. Agan kaskuser dengan akun rumahuangkuno. Simak bagaimana tipsnya sampai bisa kehilangan 4kg dalam 4 hari bersama beras hitam.

1. Makan 6x sehari.

Jangan senang dulu. Bukan berarti meningkatkan porsi makan. Tapi porsinya dikurangi tinggal setengah. Makan lebih sering menjaga gula darah relatif stabil, sehingga tidak kalap sehabis menahan makan. Tiap makan yang 6x itu tidak boleh sampai kenyang. Yang penting cukup metabolisme jalan stabil.

2. Olahraga pagi dan sore

Yeah, semua perlu proses. Kalau mau cara yang sehat, ya harus olahraga. Minimal jalan kaki lah, sepuluh ribu langkah. Sekalian menguatkan tulang, hehe. Gerak badan melancarkan semua peredaran darah, membakar lemak, mengurangi stress, menguatkan otot, mencegah macam-macam penyakit, dan masih banyak lagi.

3. Pilih jenis makanan

Ya pastinya dong, masak mau kurus makannya lemak-lemak terus. Kurangi gorengan (segala yang digoreng) dan berprotein terlalu tinggi. Daging merah, putih, dan biru (kalau ada) selain berprotein tinggi, juga pasti berlemak. Khusus ikan laut, mungkin lebih baik karena lemaknya yang tak jenuh dapat membantu melarutkan lemak dalam tubuh. Tapi sebenarnya protein dari kedelai dan kacang-kacangan lah yang terbaik. Mudah diserap, lemaknya tak jenuh, dan komplit komposisinya. Sayur? Pleasee, don’t ask lagi deh. Udah wajib namanya sayur itu, hehe. Apalagi kalo bukan seratnya. Juga vitamin terutama vitamin B yang membantu metabolisme dan pembakaran lemak. Trus Beras hitamnya mana gan? Sabar ya. . . hehe

4. Wedang Beras Hitam

saingan terberat Anda

Kok disebutkan terakhir? Ya, karena sifatnya hanya membantu! Tiga poin diatas sebenarnya sudah ampuh untuk menurunkan berat badan. Yang susah? ya jelas, DISIPLINNYA. Hehe. Wedang Beras Hitam diminum oleh agan rumahuangkuno sebagai pengganti salah satu atau dua atau tiga dari 6x makannya dalam sehari. Wedang Beras Hitam, kaya serat, dan juga karbohidrat kompleks, dapat dengan mudah memenuhi perut (yang normal dan sabar). Cukup mengenyangkan, dan tidak menaikkan kadar gula darah secara mendadak. Antioksidannya membantu membersihkan kerak dan plak dari pembuluh darah, baik kerak dari lemak maupun racun-racun yang sering termakan. Mungkin Anda tidak sengaja memakan formalin, atau boraks, atau pewarna. Mungkin juga sudah tahu berformalin tapi kepepet karena lapar atau tak ada pilihan. Mungkin juga sudah tahu tapi mau apa lagi lidah sudah ngiler, hehe

Bagaimana dengan nasi hitam? Bagus juga. Nasi hitam dicampur nasi putih akan mempercepat Anda kenyang (kecuali yang memang makannya over, hehe)

Memang kegemukan adalah karakter kuantitatif, yang tidak ditentukan oleh satu gen atau faktor lingkungan. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kegemukan. Maka ada baiknya, tidak cepat puas hanya dengan minum Wedang Beras Hitam dan olahraga teratur lalu yakin segera turun berat badan. Mungkin polusi mengganggu metabolisme Anda. Mungkin faktor psikis seperti stress atau tekanan hidup mempengaruhi kerja sel Anda. Mungkin ada sedikit keunikan dalam proses pencernaan yang memerlukan treatment khusus.

Jadi saya tambahkan saja tips terakhir, tambahan dari saya sendiri:

5. Hidup ikhlas, penuh syukur dan cinta

Mudah diucapkan, tapi penerapannya? Ada yang bisa mudah, ada yang susah. Tapi teori ikhlas masih saya anut. Bukan berarti ikhlas dengan kondisi yang obesitas dan terus saja makan berlebihan ya. Maksudnya ikhlas setelah berusaha maksimal. Kalau masih hobi makan tengah malem lalu bilang “ikhlas sajalah badan begini” yaa, saya mendingan diam sajalah, hehe. . .

Ok, memang segalanya kembali kepada pribadi. Apakah benar-benar ingin sehat dan berdisiplin, atau berpuas diri dengan risiko berbagai macam penyakit. Sebagai penutup, saya mengutip kata-kata Agnes Monica: “Sehat adalah pilihan!”

Salam sehat, sukses dan bahagia! [Sochi]