“Back to Nature  atau   kembali ke alam merupakan pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Tahukah kalian bahwa rahasia kecantikan kulit wanita jepang dan korea ternyata adalah beras. Beras  sangat mudah ditemukan di toko , pasar , swalayan warung.. dimana aja deh, kamu bisa menemukan dimana aja.. Namun bukan beras putih yaa tapi beras hitam.

Kenapa beras hitam ??

Beras  ada dua jenis yaitu  putih dan hitam.  Beras  mengandung amylosa berantai lurus dengan ikatan 1-4 alfa-glikosidik, sedangkan amylopektin berantai cabang dengan ikatan 1-4 alfa dan 1-6 beta glikosidik pada percabangannya dengan panjang rantai 20 – 26 satuan glukosa. Berdasarkan kandungan amilosanya ada 4 macam jenis beras, yaitu beras dengan amilosa tinggi (lebih dari 25 % bk.), beras dengan amilosa sedang (20-25 % bk.) , beras dengan amilosa rendah (9-20 % bk.), dan beras dengan amilosa sangat rendah (0-2 % bk). Beras ketan mengandug amilosa sangat rendah (0-2 %), dengan kata lain lebih banyak mengandung amylopektin (sampai 98 %).

Beras  hitan merupakan pilihan yang paling baik. Warna hitam beras diatur secara genetik dan dapat berbeda karena adanya perbedaan gen yang mengandung warna aleuron, ensospermia dan komposisi pada endospermia. Beras putih warnanya agak transparan hanya memiliki sedikit aleuron dan mengandung amylosa sekitar 20 %. Pada beras hitam, kandungan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intesitas tinggi sehingga warna beras menjadi ungu pekat mendekati hitam.

Beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan beras merah atau beras dengan warna lain. Beras hitam terbukti sebagai bahan makanan dengan nilai gizi yang tinggi, kaya akan vitamin dan mineral serta antioksidan.

Bagaimana cara menjaga kecantikan kulit dengan beras ketan?

Cukup dengan menggunakan beras  hitam dan kain plus ditambah ketekunan dan kesabaran.  Berikut adalah cara ekonomis dan praktis untuk merawat kecantikan kulit anda…

Caranya:

  • Beras hitam boleh dicuci dulu sebentar dan tiriskan.   Beras jangan sampai direndam air terlalu lama agar kandungan vitamin dan antioksidannya tidak ikut larut. Cucilah dengan bersih untuk menghilangkan kotoran yang terkandung dalam beras hitam.
  • Masukkan beras hitam dalam kantong yang terbuat dari kain satin dan katun.
  • Tumbuk berlahan-lahan beras tersebut hingga halus. Perhatiakan juga ketika anda menumbuk  jangan sampai merusak kantongnya  yang bisa menyebabkan beras berhamburan.
  • Celupkan kantong berisi beras tumbuk kedalam air hangat.Diamkan selama berapa menit,atau hingga berubah seperti air susu.
  • Usapkan kantong berisi beras secara merata pada permukaan kulit  anda , diamkan hingga 2 menit.
  • Bilas dengan air dingin.
  • Usai pemakaian, jangan buang kantong beras tersebut. Karena tumbukan beras ini bisa dipakai hingga 2-3 kali pemakaian.Cukup menggantungkan kantong ditempat yang kering dan jauhkan dari sinar matahari.