MENGENAL BERAS HITAM ATAU PADI HITAM

PEMULIA PADI : AYO SILANGKAN PADI HITAM
Penulis : Nurman Ihsan ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Pernahkan pembaca mengetahui, beras apa yang kandungan seratnya paling tinggi? Bahkan kandungan serat beras ini bisa sampai seratus  kali lipat dari beras yang lainnya terutama beras putih. Kalau jawaban pembaca beras hitam, jawaban tsb betul adanya.
Beras hitam yang akan saya bahas bukan beras ketan yang warnanya hitam. Tapi benar-benar beras hitam yang dihasilkandari padi hitam.

Secara umum ada 3 jenis beras ( non ketan) yang ada, yaitu :
1. Beras putih, umum ditanam oleh sebagian petani di dunia termasuk oleh petani kita.
2. Beras merah atau brown rice. Beras jenis ini pernah kita lihat di pasar-pasar walau dengan jumlah terbatas. .
3. Beras hitam, beras jenis ini jarang dikenal masyarakat ( hanya di konsumsi kalangan istana dan tetua adat, kaisar di china). Hanya tumbuh dan ditanam di daerah-daerah tertentu.

Beras Hitam Kaya Serat dan Indeks Glikemik Rendah

Berikut ini adalah table mengenai komposisi gizi berbagai beras dalam 100 gram yang diambil dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia pada tahun 2009.

Tabel Komposisi Gizi Berbagai jenis Beras yang ada di Indonesia

No

Nama bahan

Energi (kkal)

Protein (gram)

Karbohidrat (gr)

Lemak (gram)

Serat (gr)

1

Beras hitam

351

8

1,3

76,9

20,1

2

Beras putih

357

8,4

1,7

77,1

0,2

3

Beras merah

352

7,3

0,9

76,2

0,8

4

Beras ketan putih

361

7,4

0,8

78,4

0,4

5

Beras ketan hitam

360

8

2,3

74,5

1

Dari tabel diatas terlihat bahwa kandungan serat beras hitam sangat-sangat tinggi jika dibandingkan dengan beras lainnya terutama bila dibandingkan dengan putih yang biasa dikonsumsi masyarakat.

Bila serat beras hitam 20,1 g ( sekitar 20 % adalah serat ) maka beras putih “Cuma” 0,2 gram. Bedanya sampai 100 x lipat atau 10.000 %. Jadi kandungan serat pada beras hitam sangat-sangat luar biasa. Jadi beras hitam ini sangat baik buat kesehatan terutama buat para penderita diabetes.

Selain mengandung serat yang tinggi beras hitam juga memilki indeks glikemik yang rendah. Mengkonsumsi makanan berupa beras hitam yang mempunyai indeks glikemik rendah sangat bagus sebab akan memperlama rasa kenyang. Di samping itu juga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Manfaat Beras Hitam

Menurut penelitian, beras hitam mempunyai kasiat menyembukan berbagai penyakit. Beras hitam berfungsi sebagai obat dan bahan pangan. Kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino dari beras hitam semuanya lebih tinggi daripada beras biasa. Riset menunjukkan, warna beras kian gelap, pigmen anti penuaan di lapisan luar beras kian menonjol. Oleh karena itu, beras hitam merupakan beras yang paling kaya pigmen dibanding beras jenis lain.

Peran pigmen beras hitam adalah paling baik di antara berbagai jenis beras berwarna. Selain itu, pigmen beras hitam tersebut kaya mengandung materi aktif flavonoid. Kadar materi aktif flavonoid dalam beras hitam lima kali lipat dari pada beras putih dan berperan sangat besar bagi pencegahan pengerasan pembuluh nadi. Beras hitam mengandung relatif banyak serat makanan (dietary fiber). Indeks gula dalam beras hitam 55 sedangkan beras putih adalah 87.

Zat kalium dan magnesium dalam beras hitam bermanfaat bagi pengontrolan tekanan darah, dan mengurangi risiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung. Maka, penderita penyakit kencing manis dan pembuluh darah jantung dapat mengkonsumsi beras hitam sebagai makanan penyehat badan. http://bataviase.co.id/

Kelemahan Padi Hitam Sebagai Sumber Beras Hitam

Jenis varietas padi hitam berdasarkan informasi yang saya dapat dari teman saya yang berasal dari Bantul adalah sbb : Varietas Jowo Melik, Varietas NTT, Varietas Toraja, Varietas Cempo dll di seluruh wilayah indonesia.

Kelemahan padi hitam antara lain : memiliki usia yang panjang bisa mencapai 5 bulanan, Bentuk tanaman yang tinggi, Hasil panen yang rendah, dll. Oleh sebab itu harga beras hitam umumnya mahal dan pasokannaya sedikit. Di daerah Bantul kisaran harga sekitar 20.000/kg. Selain itu beras ini banyak dijadikan terapi kesehatan.

Peran Para Pemulia Tanaman

Melihat potensi dan peluang yang ada pada beras hitam ini maka diwilayah ini peran sang pemulia tanaman sebagai “penghulu” ditantang. Peran sang pemulia adalah mendapatkan galur padi hitam yang memiliki usia panen yang genjah, tanaman yang tidak tinggi dengan hasil panen yang banyak.

Bila didapatkan galur sesuai harapan dari para pemulia kemudian dilepas ke petani lain. Kemudian berkembang di daerah-daerah lain maka pahala yang didapatkan sang pemulia ini sungguh-sungguh besar. Betapa deras aliran pahala yang mengalir ke dalam no rekening hidupnya bila ribuan petani menanam hasil karyanya.

Sebab dengan menanam padi hitam akan didapatkan beras hitam. Beras ini mengandung serat yang tinggi, protein yang bagus, anti oksidan dll sehingga sangat menyehatkan bila dikonsumsinya.

About these ads
This entry was posted in Artikel Beras Hitam and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s